MSPORTS – West Bandits Combiphar Solo berhasil melaju ke semifinal Indonesian Basketball League 2022 setelah mengalahkan NSH Mountain Gold Timika dengan skor telak, 83-71.

Kuarter pertama berjalan dengan sangat mengalir dari sisi perolehan poin. Itu terlihat dari skor akhir yang cukup besar, 28-21, bagi keunggulan West Bandits.

Momen menentukan yang membuat West Bandits unggul di kuarter tersebut terjadi ketika mereka mampu memperoleh sepuluh poin beruntun lewat Pringgo Regowo, Sameen Swint, dan Patrick Nikolas.

Namun, di interval pertama kuarter kedua, kedua tim sama-sama sempat tersendat dalam mencetak poin. Tercatat, mereka hanya saling mampu mencetak empat poin saja.

Setelah itu, situasi mulai berubah. Terutama bagi West Bandits yang sangat memperlihatkan dominasinya. Mereka mengulang momen seperti pada kuarter pertama lalu.

Tim yang dilatih oleh Raoul Miguel Hadinoto tersebut tercatat mampu mencetak 16 poin secara beruntun. Itu membuat mereka unggul telak, 48-25.

Kapten mereka, Widyanta Putra Teja, terlibat dalam empat momen tersebut. Ia mencetak satu assist dan tujuh poin.

Situasi semakin memburuk bagi NSH ketika Jan Misael Panagan mendapat ejection dari wasit.

NSH tampil baik di awal kuarter ketiga. Dalam waktu 1 menit 15 detik, mereka mampu mencetak lima poin dari Shavar Newkirk dan Andre Rorimpandey dan skor menjadi 55-31 masih untuk keunggulan West Bandits.

Namun, momen tersebut cukup membuat West Bandits was-was dan memutuskan untuk langsung mengambil time out.

Setelah jeda, West Bandits pun kembali tampil stabil. Rio Disi menampilkan pergerakan indah ketika melakukan penetrasi ke dalam dan mengakhirinya dengan reverse lay up.

Kuarter ketiga diakhiri dengan tiga free throw yang seluruhnya sukses dieksekusi oleh Pringgo. West Bandits pun kembali menjauh, 68-42.

NSH berusaha keras untuk mengejar di kuarter keempat. Harapan tampak muncul ketika mereka mampu memangkas jarak menjadi 13 poin saja di tiga menit terakhir.

Namun, West Bandits tak tinggal diam. Teja dan Nikolas sama-sama mencetak dua poin dan kembali menjauhkan jarak menjadi 80-63.

Akhirnya, dengan selisih yang memang sudah begitu jauh, NSH pun menyerah dari West Bandits. Pertandingan berakhir dengan skor 83-71.

Di babak semifinal yang akan digelar pada 20—23 Agustus nanti, West Bandits akan menghadapi Pelita Jaya Bakrie.

Sebagai catatan, pencapaian ini mengulangi hasil yang mereka raih pada musim lalu karena juga berhasil sampai ke babak serupa.