MSPORTS – Belgia berhasil meraih kemenangan tipis, 1-0, atas Kanada dalam laga pertama di Piala Dunia Qatar 2022, Rabu (23/11/2022). Gol tunggal dicetak oleh Michy Batshuayi pada menit 44.

Meski begitu, Belgia sebetulnya kalah secara permainan. Kanada lebih sering mengancam yang terlihat dari catatan 22 tembakan berbanding 9 milik mereka.

Kanada juga bisa saja unggul terlebih dahulu andai Alphonso Davies bisa mengonversi penalti pada menit 10. Namun, kiper Belgia, Thibaut Courtois, bisa menyelematkannya.

Pelatih Belgia, Roberto Martinez, mengakui bahwa Kanada memang tampil lebih baik dari timnya.

“Itu pertandingan yang sulit. Kanada lebih baik dibanding kami dalam hal apa yang ingin kami lakukan. Mereka memiliki kecepatan dan kelangsungan. Kanada berhak lebih baik dibanding kami dengan cara mereka mendekati penampilan mereka,” ungkap Martinez seusai laga.

Meski begitu, pelatih asal Spanyol tersebut tetap puas dengan hasil ini karena tiga poin memang menjadi hal yang terpenting demi mencapai asa mereka menjadi juara.

“Saya senang karena kami memenangkan pertandingan melalui gertakan serta pengalaman dan kualitas kiper. Bagi saya, kemenangan lebih penting dibanding anda bermain,” ujarnya.

“Pada akhirnya, hasil mencerminkan apa yang harus kami lakukan dan cara kami bertahan untuk satu sama lain. Kami mengambil kesempatan kami.”

“Anda melihat banyak tim kalah dan di turnamen ini anda berkembang sambil berjalan. Jika anda melakukannya dengan memenangkan pertandingan, itu keuntungan yang luar biasa,” lanjut Martinez.

“Kami tidak bermain bagus. Itu jelas. Namun, kami harus realistis. Kami mengapresiasi kemenangan. Ketika tim bisa menang tanpa main bagus, banyak hal yang bisa dibangun,” pungkasnya.

Selanjutnya, Belgia akan menghadapi Maroko (27/11/2022) dan Kroasia (1/12/2022). Mereka pun saat ini memuncaki grup F karena laga antara Maroko dan Kroasia yang berakhir imbang 0-0.