MSPORTS – Juara dunia Max Verstappen (Red Bull) berhasil memenangkan GP Italia pada Minggu (11/9) malam WIB. Namun kemenangan pembalap asal Belanda ini disambut dengan cercaan dari publik di sirkuit Monza.

Seperti yang diketahui, Monza merupakan kandang tim Ferrari, rival Red Bull pada musim ini.

Verstappen yang start dari posisi ketujuh, berhasil merangsek naik dan mengalahkan pembalap idola tuan rumah, Charles Leclerc (Ferrari), yang start dari posisi terdepan.

Kekalahan Leclerc diawali dengan Ferrari yang memutuskan melakukan dua stop untuk pembalap asal Monako tersebut yang mengganti ke ban soft di lap 34.

Kendati demikian, kecepatan dan konsistensi Verstappen membuat Leclerc gagal memangkas jarak dengan ban barunya.

Lalu drama terjadi di akhir balapan ketika mobil Daniel Ricciardo (McLaren) terparkir di sisi lintasan. Juara GP Italia tahun lalu ini terpaksa retired pada lap 47.

Steward kemudian mengeluarkan safety car. Verstappen kemudian masuk ke pit untuk mengganti ban di lap selanjutnya diikuti Leclerc yang kembali mengganti ban soft.

Kondisi di lintasan membuat balapan ini berakhir di belakang safety car dengan Verstappen yang berhasil meraih lima kemenangan beruntun dan kemenangan perdananya di GP Italia.

Hasil ini disambut dengan sorakan dan cercaan dari fans tuan rumah dan Verstappen dicemooh oleh tifosi saat diwawancara di parc ferme.

Meski jarang terjadi pada musim ini, cemoohan fans kerap terjadi dalam duel Verstappen dan Lewis Hamilton musim lalu.

Namun Verstappen tidak menggubris hal ini dan hanya menganggapnya sebagai fans lawan yang bergairah dengan Formula 1.

“Ini bisa terjadi, semua orang berbicara soal ini kepada saya soal cercaan dan hal lainnya tapi pada akhirnya saya di sini untuk memenangkan balapan, yang sudah kami lakukan,” kata Verstappen, dikutip dari Motorsport.com.

“Beberapa orang tentu saja tidak bisa mengapresiasi  itu karena mereka fans yang bergairah untuk tim yang berbeda. Ini lah adanya.”

“Ini tidak akan merusak hari saya, saya hanya menikmati momen ini.”

Leclerc sendiri menginginkan fans Formula 1 untuk berhenti mencemooh pembalap manapun.

“Saya pikir tidak ada yang suka mencemooh dan saya pikir ini seharusnya tidak terjadi. Itu saja,” ujar Leclerc.

Hasil GP Italia ini cukup mengecewakan bagi Ferrari yang hanya meraih satu podium di kandang mereka yang di saat bersamaan merayakan ulang tahunnya ke-75 dan ulang tahun sirkuit Monza ke-100.