MSPORTS – Kanada harus menelan kekalahan dalam laga pertama mereka di Piala Dunia Qatar 2022, Rabu (23/11/2022). Mereka takluk dari Belgia dengan skor 0-1.

Meski begitu, penampilan mereka di laga tersebut sama sekali tidak mengecewakan. Pertandingan perdana di Piala Dunia dalam 36 tahun, Kanada bermain tanpa takut melawan salah satu favorit juara itu.

Kanada melepaskan hingga 22 tembakan di mana BElgia hanya bisa membuat 9 percobaan.

Mereka bahkan bisa saja unggul lebih dulu andai penalti Alphonso Davies pada menit 10 tidak dimentahkan oleh Thibaut Courtois.

Bagi sang pelatih, John Herdman, hal tersebut pun membuat mereka bangga dan optimis untuk menatap laga selanjutnya melawan Kroasia (27/11/2022).

“Saya bangga dengan penampilannya. Namun, anda harus mengambil tiga poin di pertandingan pertama anda. Kami memiliki kesempatan untuk memuncaki grup. Itulah misinya dan kami melewatkannya,” ungkapnya seusai laga.

“Seperti saya katakan, para pemain menunjukkan usaha. Mereka menunjukkan bisa tampil di panggung ini dan membuat pendukung bangga. Mereka boleh merasa berhak berada di sini. Itulah pesannya untuk kami,” tegas Herdman.

“Kami akan melawan Kroasia. Itulah misinya sekarang. Saya mengatakan kepada para pemain, saya kalah di pertandingan pertama di Olimpiade London 2012 (melatih Timnas Kanada Wanita) dan kami berakhir memenangkan medali.”

“Sekarang, ini soal bagaimana kita merespon. Dengan kepercayaan tersebut dan jika kami tetap mempertahankan persaudaraan itu, kami memiliki peluang,” pungkasnya.

Setelah Kroasia, Kanada akan menutup babak grup dengan melawan Maroko (1/12/2022).