MSPORTS – Performa cemerlang Stephen Curry membawa Golden State Warriors menjadi jawara di Final NBA 2022, usai mengalahkan Boston Celtics 103-90 pada Jumat (17/6) pagi WIB. 

Setelah pertandingan ia terlihat menangis dan tak bisa berkata-kata saat diwawancara. Performanya kali ini diganjar dengan gelar MVP di final. Pertama kalinya untuk Curry.

Curry menasbihkan dirinya menjadi penembak paling jitu dalam sejarah NBA berkat kemampuannya mendapatkan ruang untuk menembak, terutama dari jarak jauh yang menempatkan dirinya menjadi pencetak tripoin terbanyak dalam sejarah.

Walaupun ia gagal mencetak tripoin di gim kelima dan hanya mendapatkan total 16 poin, rata-rata poin per gimnya masih menjadi yang terbaik di final ini dan dalam kariernya di Final NBA.

Pada enam laga final ini, mencetak 31,2 poin per gim, melampaui rekor pribadi sebelumnya (30,5) yang diraih pada musim 2018-19. Selain itu dia juga mencetak 6,0 rebound dan 5,0 asis per gim.

Pemain berusia 34 tahun ini juga sudah mencetak setidaknya 30 angka dalam 51 laga di postseason, juga mencetak 30 angka atau lebih di 14 laga final.

Pada final ini ia juga untuk kedua kalinya ia mencetak setidaknya 30 tripoin di final (ia mencetak 32 tripoin di final 2016). Tak ada yang meraih rekor tersebut sejak 1979-80.

“Akhirnya dapat ini,” kata Curry, merujuk trofi MVP-nya, dikutip dari NBA.com.

“Ini spesial…. Semua orang penting dalam proses ini.”

Gelar ini merupakan yang keempat untuk Curry, Klay Thompson, Draymond Green, dan Andre Iguodala. Tiga gelar pertama diraih pada 2015, 2017, dan 2018 ketika Warriors mencapai lima final beruntun.

Mereka mencapai lima final beruntun pada 2015 hingga 2019. Meski sempat menurun dan gagal mencapai final pada 2020 dan 2021, mereka kembali juara dan menasbihkan diri mereka sebagai tim dominan di NBA.

“Kali ini rasanya berbeda mengetahui apa arti dan rasanya tiga tahun terakhir,” lanjut Curry.

“Cedera, ganti pemain, para pemain muda.. Sekarang kami punya empat gelar juara. Saya, Dray, Klay, dan Andre.

“Kami telah menemukan cara untuk memenangkannya.

“Ini sudah menjadi bagian dari asal usul kami, pengalaman kami. Kami telah membangun ini dalam 10 hingga 11 tahun. Ini sangat berarti ketika Anda berada di fase ini.”