MSPORTS – Sebanyak 15 pemain tim nasional wanita Spanyol mengancam akan keluar dari timnas jika pelatih mereka, Jorge Vilda, tidak dipecat. Hal tersebut diumumkan oleh asosiasi sepak bola Spanyol (RFEF), Jumat (23/9) dini hari WIB.

RFEF menerima 15 surel dari 15 pemain yang menyatakan akan angkat kaki dari tim nasional jika Vilda tidak dipecat karena situasi tim yang berdampak dengan kondisi kesehatan mental pemain.

Dalam pernyataan tersebut, RFEF mengatakan para pemain yang dimaksud telah melakukan “pelanggaran yang sangat serius” dengan menolak untuk bermain dan dapat diganjar hukuman larangan bermain bersama tim nasional hingga lima tahun.

RFEF tidak membeberkan siapa para pemain tersebut dan sepenuhnya mendukung Vilda. Mereka juga meminta para pemain tersebut segera meminta maaf jika ingin bermain bersama tim nasional lagi.

Selama situasi ini berlangsung, RFEF akan memainkan pemain muda untuk skuad senior mereka saat ini.

Menurut sumber Reuters, media setempat melaporkan terdapat kekacauan bulan lalu, dengan para pemain hampir memberontak jika RFEF tidak memecat Vilda sebagai pelatih.

Sumber tersebut juga mengatakan para pemain tidak senang terhadap penanganan pemain yang cedera, juga suasana di ruang ganti, serta pemilihan pemain dan sesi latihan.

“RFEF dapat mengonfirmasi bahwa hari ini, kami menerima 15 surel dari 15 pemain tim nasional senior wanita, mereka menyatakan situasi saat ini yang memiliki dampak ‘besar’ atas kondisi emosional dan kesehatan mereka,” tulis RFEF dalam pernyataannya.

“RFEF tidak akan membiarkan para pemain mempertanyakan kesinambungan pelatih nasional dan staf pelatihnya, karena membuat keputusan itu bukan wewenang mereka.”

"Federasi tidak akan menerima tekanan apa pun dari pemain mana pun saat mengadopsi tindakan olahraga. Manuver-manuver semacam ini jauh dari keteladanan dan di luar nilai-nilai sepak bola dan olahraga serta berbahaya.”

"Sesuai dengan undang-undang Spanyol saat ini, tidak menghadiri panggilan tim nasional akan diklasifikasikan sebagai pelanggaran yang sangat serius dan dapat berakibat sanksi antara dua dan lima tahun diskualifikasi.”


Vilda mengawali kariernya dari pelatih tim nasional wanita U-17 hingga U-19, sebelum melatih tim senior pada 2015.

Sejak ditangani Vilda, timnas Spanyol gagal meraih satu titel juara meski diperkuat pemain terbaik dunia, Alexia Putellas, dan Jennifer Hermoso, mantan bintang Barcelona yang kini membela klub asal Meksiko, Pachuca.

Spanyol hanya mampu mencapai babak 16 besar di Piala Dunia 2019, serta terhenti di babak perempat final di Piala Eropa 2017 dan 2022.