MSPORTS โ€“ Francesco Bagnaia melanjutkan performa gemilangnya dengan menyabet pole position saat kualifikasi MotoGP Aragon, Sabtu (17/9) malam WIB.

Pembalap Ducati tersebut kini telah memenangkan 10 dari 20 grand prix terakhir dan sekaligus berpeluang besar menyabet lima kemenangan beruntun dengan pole di โ€‹โ€‹MotorLand Aragon.

Pembalap asal Italia tersebut juga memecahkan rekor lap dengan waktu 1:46,069, berada di depan rekan setimnya, Jack Miller, yang mencatatkan waktu 1โ€46,159 untuk menempatkan tim Ducati di posisi terdepan.

Pembalap Gresini, Enea Bastianini, menjadi pembalap terakhir yang berada di baris terdepan.

Salah satu peran utama kejuaraan musim ini, Aleix Espargaro, terpaksa melalui sesi Q1 dan hanya memiliki sisa satu ban soft yang menempatkannya di posisi keempat.

Johann Zarco (Pramac) menjadi pembalap lain yang melalui sesi Q1 dan mampu berada di posisi kelima.

Juara bertahan sekaligus pemimpin klasemen sementara musim ini, Fabio Quartararo (Yamaha), hampir jatuh di tikungan 2 di sesi Q2. Namun lap terakhirnya dengan waktu 1:46,802 hanya mampu menempatkannya di posisi keenam.

Marco Bezzecchi dengan dengan motor VR46 Ducati berada di depan pembalap, Pramac, Jorge Martin, sementara Alex Rins yang berada di posisi kesembilan, menjadi pembalap satu-satunya Suzuki di balapan ini setelah Joan Mir terpaksa mundur karena cedera.

Duo pembalap KTM, Brad Binder dan Miguel Oliveira, berada di posisi 10 dan 11 dengan pembalap LCR Takaaki Nakagami di posisi 12.

Marc Marquez berada di posisi 13 di balapan pertama sejak MotoGP Italia pada Mei lalu. Ia absen setelah menjalani operasi pada lengannya.

Pembalap pabrikan Honda tersebut berduel untuk menempati posisi dua terdepan di Q1 untuk lolos ke Q2 namun yellow flag yang diakibatkan oleh rekan setimnya, Pol Espargaro, yang jatuh membuatnya berada di posisi ketiga.

Akhirnya ia gagal lolos ke Q2 dengan selisih waktu 0,066 detik.

Berikut hasil lengkap kualifikasi MotoGP Aragon, Sabtu (17/9) malam WIB: