MSPORTS – Pelatih tim nasional Swiss, Murat Yakin, mengatakan timnya saat ini adalah timnas Swiss terbaik yang pernah ada. Ia juga bertekad untuk lolos ke babak selanjutnya.

Swiss yang akan memainkan laga pembuka melawan Kamerun pada Kamis (24/11) sore WIB, telah lolos dari babak grup dalam tiga dari empat edisi Piala Dunia terakhir.

Yakin yang mengambil alih tim pasca Euro 2020 lalu di mana Swiss mencapai babak perempat final, yakin Swiss akan mencapai raihan terbaiknya di Qatar.

“Saya pikir kami sedang melihat tim terbaik Swiss yang pernah ada,” kata Yakin, dikutip dari Reuters, menjelang laga kontra Kamerun.

“Kami telah banyak meningkat dan sekarang kami ingin menuliskan sejarah. Kami di sini bukan hanya jadi peserta. Kami di sini untuk menang dan kami ingin lolos ke babak selanjutnya.”

Namun sang kapten, Granit Xhaka, tidak mengatakan hal yang selaras dengan pelatihnya. Gelandang Arsenal tersebut mengatakan hal itu tidak adil bagi skuad Piala Dunia 2018 yang mencapai babak 16 besar sebelum dikalahkan Swedia.

Xhaka mengatakan Swiss kini memiliki tim yang lebih muda daripada Piala Dunia edisi sebelumnya di Rusia dan lebih lapar akan kemenangan.

Swiss dan Kamerun sama-sama mencapai babak perempat final sebagai hasil terbaiknya di Piala Dunia.

Meski Kamerun memiliki peluang terkecil untuk lolos Grup G yang juga dihuni Brazil dan Serbia, Xhaka tidak ingin meremehkan tim yang diperkuat pemain Napoli, Andre-Frank Zambo Anguissa.

“Kami tahu bahwa Kamerun memiliki pemain yang sangat bagus yang bisa menunjukkan performa di level top,” ujar Xhaka.

“Mereka adalah sebuah tim yang sangat berbahaya jika kami membiarkan mereka bermain.”