MSPORTS — Napoli meraih kemenangan besar atas Ajax Amsterdam dengan skor 6-1 dalam pertandingan ketiga babak grup Liga Champions 2022/2023, Rabu (5/10/2022) dini hari WIB.

Kemenangan ini semakin membuktikan keganasan Napoli sejauh ini di Liga Champions. Dua pertandingan sebelumnya, mereka mengalahkan Glasgow Rangers dengan skor 3-0 dan Liverpool dengan 4-1.

Ajax yang bermain di kandangya sendiri, Johan Cruijff Afena, sebetulnya mampu mencetak gol terlebih dahulu pada menit sembilan. Kenneth Taylor menendang bola liar di kotak penalti. Bola memang sempat membentur Mohamed Kudus tetapi tetap masuk ke gawang.

Pada menit 18, Giacomo Raspadori menyamakan kedudukan sekaligus memulai pesta Napoli. Ia menanduk bola di tiang jauh hasil umpan dari Mathias Oliveira.

Napoli berbalik unggul pada menit 33. Piotr Zielinski mengambil sepak pojok pendek dan memberikan bola kepada Khvicha Kvaratskhelia. Ia lalu mengangkat bola dan ditanduk dengan sempurna oleh sang kapten, Giovanni Di Lorenzo.

Tim asuhan Luciano Spalleti semakin menjauh berkat gol Zielinski pada menit 45. Ia berhasil memaksimalkan serangan balik cepat ke gawang Ajax yang hanya tinggal menyisakan dua pemain saja di luar kiper mereka.

Dua menit babak kedua berjalan, Raspadori sukses mencetak brace. Ia menyelesaikan sodoran bola dari Andre-Frank Zambo Anguissa yang berhasil mencurinya dari Calvin Bassey. 

Napoli mencetak gol kelimanya lewat Kvaratskhelia pada menit 63. Melakukan kerja sama satu-dua dengan Raspadori, pemain asal Georgia itu kemudian tanpa kesulitan membobol gawang.

Kondisi semakin memburuk bagi Ajax setelah kapten mereka, Dusan Tadic, mendapat kartu kuning kedua pada menit 73.

Giovanni Simeone yang masuk pada menit 64 menggantikan Raspadori ikut mencatatkan namanya di papan skor gol pada menit 81. Ia menyelesaikan umpan yang diberikan pemain pengganti lain, Tanguy Ndombele.

Napoli pun berdiri kokoh di puncak klasemen grup A dengan sembilan poin, di atas Liverpool (6), Ajax (3), dan Glasgow Rangers (0).