MSPORTS – Netflix mengumumkan bahwa mereka akan merilis sebuah film dokumenter yang berjudul ‘The Redeem Team’ pada 7 Oktober nanti.

Film tersebut akan mengisahkan keberhasilan Tim Nasional Basket Amerika Serikat dalam meraih medali emas di Olimpiade Beijing 2008.

Sajian ini juga akan menjadi semakin istimewa karena dua pemain yang berperan di dalam tim tersebut, LeBron James dan Dwyane Wade, akan bertindak sebagai eksekutif produser.

Sementara sebagai sutradara, John Weinbach akan memegang tanggung jawab tersebut. Seperti diketahui, Weinbach juga merupakan sutradara dari ‘The Last Dance’, film dokumenter tentang Michael Jordan.

Kisah keberhasilan tersebut menjadi spesial mengingat pada edisi Olimpiade sebelumnya di Athena 2004, timnas basket Amerika Serikat meraih hasil yang memalukan karena hanya meraih medali perunggu.

“Apa yang membut (The Redeem Team) signifikan adalah tidak seperti halnya tim basket Amerika lain, para pemain ini kalah bukan hanya sekali, dua kali, tetapi tiga kali. Saya ingin mengingatkan semua orang mengapa ini adalah sebuah penebusan,” kata Weinbach.

“Pada 2008, saya bermain dengan para pahlawan saya, pemain bintang, teman, dan rekan di masa depan. Selain kami menang dan membuktikan kepada dunia bahwa kami tetap dominan, tantangan besar kami lainnya adalah merubah persepsi yang semua orang pikirkan soal NBA dan basket Amerika Serikat,” tambah Wade.

Netflix juga menyebut bahwa ini pertama kalinya Komite Olimpiade Internasional (IOC) memproduksi film yang secara ekslusif disaksikan untuk audiens global.

Selain dipenuhi dengan footage-footage di belakang layar yang bersejarah, The Redeem Team juga akan dipenuhi dengan wawancara bersama para pelaku, seperti sang pelatih, Mike Krzyzewski, dan juga beberapa pemain: Carmelo Anthony, Chris Paul, James dan Wade, termasuk mendiang Kobe Bryant.