MSPORTS – Novak Djokovic masih belum memikirkan soal pensiun usai juara di ATP Finals dengan mengalahkan Casper Ruud 7-5 6-3 di Turin, Italia, Senin (21/11) lalu. Gelar ATP Finals keenamnya ini sekaligus menyamakan rekor yang dipegang oleh Roger Federer.

Pada partai final tersebut, Djokovic berhasil selamat dari ancaman cedera pada lututnya di set pertama ketika berlari ke arah net saat skor 2-2.

Namun pemain asal Serbia ini kembali fokus dan mampu mematahkan servis Ruud untuk mencegah set pertama ke babak tie break dan menang 7-5.

Djokovic yang juga pemegang 21 titel Grand Slam ini melanjutkan momentumnya pada set kedua.

Meski tidak dalam performa gemilang karena jarang bermain di tahun ini, pukulan servisnya yang gemilang tak mampu dihalau oleh Ruud.

Ia berhasil unggul 3-1 saat set kedua usai mematahkan servis Ruud dan kemudian terus melaju hingga unggul 5-3.

Pada game penentuan, dua petenis terpaksa memainkan rally sebanyak 36 pukulan yang akhirnya menangkan oleh Djokovic untuk meraih match point.

Djokovic hanya membutuhkan satu match point untuk menutup partai pamungkas ini dengan sebuah ace.

“Tidak ada zona akhir, sebagaimana mereka menyebutnya di American football, saya tidak merasa saya memiliki pikiran atau gagasan soal bagaimana saya ingin mengakhiri karier saya,” kata Djokovic, dikutip dari Reuters.

“Saya tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, tapi saya tahu apa yang ada di pikiran saya.”

“Sebuah rasa lapar yang sangat besar untuk memenangkan trofi, membuat sejarah di olahraga ini, dan berkompetisi di level tertinggi di seluruh dunia, membawa emosi yang bagus untuk fans olahraga, fans tennis. Itu yang dorongan utama saya.”

Djokovic kini hanya berjarak satu trofi Grand Slam untuk menyamakan rekor 22 titel yang kini dipegang oleh Rafael Nadal.

Kiprah petenis asal Serbia ini terhambat pada tahun 2022 saat tidak bisa mengikuti turnamen di Australia dan Amerika Serikat karena pilihannya untuk menolak divaksin Covid-19.

"Saya memiliki banyak faktor motivasi yang berbeda. Dan saya tidak kekurangan motivasi untuk saat ini,” ujar Djokovic yang kini berusia 35 tahun.

Gelar juara di ATP Finals membuat Djokovic mendapatkan hadiah uang terbesar dalam sebuah turnamen tenis. Ia yang menang tiga kali di babak grup dan menjadi juara, berhak mendapatkan total hadiah sebesar 4.740.300 dolar AS atau sekitar Rp 74 miliar.