MSPORTS – Robert Sarver mengumumkan bahwa dirinya akan menjual dua klub franchise yang dimilikinya, yaitu Phoenix Suns dan Phoenix Mercury (WNBA).

Keputusan tersebut tidak terlepas dari dirinya yang pada pekan lalu mendapat hukuman tidak boleh terlibat dalam aktivitas basket di Amerika Serikat selama setahun serta denda 10 juta dolar Amerika Serikat.

Hukuman itu sendiri ia terima karena dirinya yang terbukti berperilaku rasis dan misoginis dalam ruang kerja sebagai pemilik kedua klub tersebut.

“Kata-kata yang begitu saya sesalkan kini menutupi hampir dua dekade dalam membangun organisasi yang menyatukan orang serta menguatkan area Phoenix melalui kekuatan yang menyatukan dari olahraraga profesional basket pria dan wanita,” tulis pernyataan dari Sarver dikutip dari Sky Sports.

“Sebagai orang yang beriman, saya percaya pada penebusan dosa dan jalan menuju pengampunan. Namun, dalam iklim kita yang tidak mengenal ampun saat ini menjadi sangat jelas bahwa tidak mungkin lagi kebaikan apa pun yang telah saya lakukan dan masih bisa saya lakukan terkalahkan oleh hal yang saya ucapkan di masa lalu,” ujarnya.

“Karena alasan tersebut, saya memulai proses untuk mencari pembeli untuk Suns dan Mercury,” pungkasnya.

Niat Sarver ini pun mendapat persetujuan dari komisioner NBA, Adam Silver.

“Saya sepenuhnya mendukung keputsan Robert Sarver untuk menjual Phoenix Suns dan Mercury. Ini langkah yang tepat selanjutnya untuk organisasi dan komunitas.”