MSPORTS – Pelita Jaya Bakrie Jakarta berhasil memastikan satu tiket ke semifinal usai mengalahkan RANS PIK Basketball pada gim penentuan Playoffs Indonesian Basketball League 2022, Selasa (16/8), di GOR Citra Arena, Bandung, dengan skor 93-86.

Kedua tim harus bermain hingga gim ketiga untuk menentukan satu tempat di semifinal usai agregat sama kuat 1-1 dalam dua pertandingan.

Pada gim pertama, Pelita Jaya menang 74-66. Kemudian di gim kedua RANS PIK berhasil memaksa partai hingga gim ketiga dengan kemenangan 65-58

Gim ketiga ini berjalan ketat dengan kedua tim saling mengejar angka. Pelita Jaya sempat unggul delapan angka di paruh pertama kuarter pembuka melalui perolehan poin dari Muhamad Arighi, Andakara Prastawa Dhyaksa, dan Dior Alexandros Lowhorn.

Namun rangkaian tripoin dari Akeem Scott dan Althof Satrio membuat RANS unggul empat angka.

RANS berhasil memaksimalkan percobaan tripoin mereka. Kuarter pertama ini ditutup juga dengan tripoin dari Eko Agung Prabowo yang membawa RANS unggul 16-23 menuju kuarter kedua.

RANS gagal melanjutkan momentum mereka di kuarter kedua. Tim asuhan Christopher Daleo ini hanya mencetak 18 angka dibandingkan 29 angka bagi Pelita Jaya.

Pelita Jaya berhasil menyamakan kedudukan 30-30 melalui poin dari Govinda Julian Saputra. Namun RANS masih mampu menjaga keunggulan mereka.

Situasi berbalik ketika Pelita Jaya yang kali ini berhasil memasukkan lima tripoin.

Namun di akhir babak pertama, RANS berhasil memangkas jarak menjadi empat angka dengan skor 45-41.

Memasuki babak kedua, RANS kembali bangkit dengan mencetak 29 angka berbanding 15 untuk Pelita Jaya.

Raihan tripoin kembali menjadi pembeda di kuarter ini. RANS berhasil mendapatkan empat tripoin dari lima kali percobaan. Sementara itu Pelita Jaya hanya meraih satu tripoin dari sembilan kali percobaan.

Oki Wira Sanjaya yang kembali masuk di kuarter ketiga menjadi sosok penting. Ia sendiri berhasil memasukkan 18 angka bagi RANS.

Memasuki kuarter terakhir Pelita Jaya tertinggal 60-70. Namun situasi ini tak membuat tim asuhan Fictor Gideon Roring ini gentar.

Empat angka dari Arighi berhasil memangkas jarak menjadi 64-70.

Pelita Jaya lalu berhasil menyamakan kedudukan di 78-78 melalui Andakara Prastawa Dhyaksa. Namun mereka masih belum berhasil unggul.

Kemudian dua free throw Lowhorn  kembali berhasil menyamakan kedudukan dan unggul 87-86 dengan sekitar satu menit tersisa.

Kurang dari satu menit, Pelita Jaya berhasil melaju dengan angka yang dicetak Arighi. Kemudian Andakara Prastawa Dhyaksa yang menjadi bintang di laga ini pada hari ulang tahunnya, menutup partai ini dengan dua free throw yang membawa Pelita Jaya ke semifinal dengan kemenangan 93-86.

Pada momen penentuan, Andakara Prastawa Dhyaksa bermain apik dengan raihan 18 angka pada kuarter keempat. Ia bersama Arighi dan Lowhorn juga menunjukan tajinya di momen penting, terutama Lowhorn dengan rebound-nya.

Andakara Prastawa Dhyaksa meraih poin terbanyak di pertandingan ini dengan 27 angka, 4 rebound, dan 5 assist. Sementara itu, Lowhorn meraih double-double dengan 19 angka dan 13 rebound. Lalu Arighi berhasil menorehkan 17 angka.

Pada laga semifinal mendatang, Pelita Jaya akan menghadapi pemenang partai antara NSH Mountain Gold Timika dan West Bandits Combiphar Solo.