MSPORTS – Pep Guardiola telah resmi memperpanjang kontrak baru bersama Manchester City yang berdurasi hingga 2025. Hal ini diumumkan City pada Rabu (23/11) sore WIB.

Pelatih berusia 51 tahun yang kontrak sebelumnya berakhir akhir musim ini, dikabarkan memiliki kenaikan gaji dan akan menerima 20 juta pounds per tahun.

Guardiola yang sempat terlihat menonton Formula 1 di GP Abu Dhabi, dikabarkan sekaligus bertemu para petinggi City untuk menyepakati kontrak baru ini.

“Saya sangat senang bertahan di Manchester City untuk dua tahun lagi,” kata Guardiola, dikutip dari situs resmi klub.

“Saya tidak bisa cukup mengucapkan terima kasih kepada semua orang di klub yang sudah mempercayakan saya. Saya senang dan nyaman di sini. Saya memiliki segalanya yang saya butuhkan untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.”

“Saya tahu babak selanjutnya dari klub ini akan luar biasa selama satu dekade ke depan. Ini sudah terjadi dalam 10 tahun terakhir, dan akan terjadi dalam 10 tahun ke depan karena klub ini sangat stabil.”

“Sejak hari pertama, saya merasa sangat spesial di sini. Saya tidak bisa berada di tempat yang lebih baik lagi.”

“Saya masih merasa masih banyak yang kami bisa raih bersama dan itu lah kenapa saya ingin bertahan dan melanjutkan perjuangan untuk meraih trofi.”

Sejak menukangi City pada 2016, Guardiola yang merupakan bekas pelatih Barcelona dan Bayern Munich ini telah memenangkan empat titel Premier League, satu FA Cup, dan empat EFL Cup.

Namun pelatih asal Spanyol ini masih belum meraih kesuksesan di turnamen Eropa, dengan peluang terbaik saat kalah dari Chelsea pada 2021 lalu.

Perpanjangan kontrak Guardiola merupakan harapan sang pemilik klub, Khaldoon al-Mubarak, yang menginginkan Guardiola membangun klub yang sukses Inggris dan Eropa.

Perpanjangan kontrak baru ini merupakan kesepakatan ketiga sejak ia hijrah ke Etihad Stadium, sekaligus memperpanjang komitmennya bersama klub.

“Saya senang bahwa perjalanan Pep bersama Manchester City akan berlanjut,” kata Al Mubarak.

“Dia sudah berkontribusi begitu banyak untuk kesuksesan dan membangun organisasi ini, dan sangat menarik untuk memikirkan apa yang akan memungkinkan melihat energi, rasa lapar, dan ambisi yang sudah ia punya.”

“Dia bawah kepemimpinannya yang spesial, tim utama kami sudah mencapai banyak hal, selagi terus bermain, dan terus berkembang, gaya sepak bola City yang dikagumi dunia. Seperti semua fans City, saya menantikan apa ke depannya.”