MSPORTS – Tim nasional Indonesia U-16 berhasil lolos ke semi final sebagai juara Grup A usai mengalahkan Vietnam 2-1 di stadion Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (6/8/) malam WIB.

Tim asuhan Bima Sakti ini langsung tancap gas di menit pertama dan mendominasi penguasaan bola.

Vietnam awalnya mendapatkan peluang dari serangan balik namun mengantisipasi dengan baik.

Tim Garuda masih kesulitan mendapatkan celah di lini pertahanan Vietnam. 

Laga yang alot membuat skor bertahan 0-0 hingga jelang turun minum ketika Vietnam memiliki peluang emas dari tendangan penalti ketika Nurviat Subagja menjatuhkan pemain Vietnam di kotak penalti.

Nguyen Cong Phuong sebagai eksekutor berhasil mencatatkan namanya di papan skor dari titik putih dan membuat Vietnam unggul 0-1 di menit 41.

Usai jeda, tim Garuda berhasil memberikan respons positif ketika kerja sama pemain muda Indonesia berhasil dikonversi menjadi gol yang dicetak oleh Arkhan Kaka pada menit 52.

Tak lama, Indonesia berhasil membalikkan keadaan melalui serangan balik cepat. 

Setelah menerima umpan dari rekan setimnya, Nabil Asyura melepaskan tembakan ke gawang yang tak mampu diantisipasi kiper Vietnam di menit 55.

Meski unggul, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Namun skuad Bima Sakti gagal menambah skor hingga peluit panjang ditiupkan wasit.

Hasil ini membuat Indonesia meraih tiga poin tambahan dan memastikan tiket ke semi final dengan memuncaki klasemen Grup A dengan 9 poin dari 3 laga. 

Sedangkan Vietnam berada di peringkat kedua dengan enam angka, mereka harus menunggu hasil laga di Grup B dan C untuk menentukan posisi runner-up terbaik guna mendapatkan tiket ke semi final.