MSPORTS – Portugal berhasil memulai kiprah mereka di Grup H Piala Dunia 2022 dengan kemenangan usai mengalahkan Ghana dengan skor tipis 3-2 pada Kamis (24/11) malam WIB.

Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, mencatatkan sejarah pada laga ini sebagai pemain pertama yang mencetak gol dalam lima edisi Piala Dunia berbeda.

Ronaldo mencetak gol tersebut melalui tendangan penalti usai mantan pemain Manchester United tersebut dilanggar oleh Mohammed Salisu di kotak terlarang.

Bertindak sebagai algojo, Ronaldo berhasil membuka keunggulan pada menit ke-65. Meski kiper Ghana, Lawrence Ati, berhasil menebak arah bola, namun tembakan Ronaldo terlalu keras dan mengarah sudut atas gawang.

Gol tersebut terjadi setelah pertandingan yang alot pada babak pertama. Portugal mendominasi jalannya permainan namun sulit untuk membuat peluang matang untuk Ronaldo.

Ronaldo dan Otavio sempat melepaskan tembakan mengarah ke gawang, masih belum berbuah gol. Sedangkan Ghana gagal melepaskan satu tembakan pun selama 45 menit pertama.

Usai jeda, Andre Ayew berhasil menyamakan kedudukan kurang dari 10 menit usai gol penalti Ronaldo.

Mohammed Kudus yang menjadi pemain Ghana paling berbahaya pada laga itu, memberikan umpan silang mendatar ke tengah kotak penalti Portugal. Bola tersebut sempat terdefleksi namun sontekan Ayew berhasil menjebol gawang Diogo Costa.

Pelatih Ghana, Otto Addo, secara mengejutkan mengganti dua pemain terbaiknya, Kudus dan Ayew beberapa menit setelah gol tersebut, memasukkan Jordan Ayew dan Osman Bukari.

Saat Ayew masih merayakan golnya bersama rekan setim di bangku cadangan, Portugal kembali unggul melalui gol yang dicetak Joao Felix pada menit ke-78.

Berawal dari Bruno Fernandes yang menerima bola dari William Carvalho, gelandang Manchester United tersebut memberikan bola kepada Felix yang berhasil menjebol gawang Ati.

Rafael Leao yang masuk sebagai pemain pengganti, hanya membutuhkan waktu 2 menit 40 detik untuk mencatatkan namanya di papan skor. 

Setelah menerima umpan dari Fernandes, Leao yang merupakan pemain AC Milan tersebut melakukan penyelesaian akhir apik untuk menjadikan skor 3-1 untuk Portugal.

Ghana yang tampak sudah menyerah, berhasil memanfaatkan kesalahan dari Joao Cancelo saat Bukari memangkas jarak menjadi 3-2 pada menit ke-89.

Menjelang akhir laga, Costa hampir membuat blunder fatal ketika meletakkan bola ke tanah, selagi Inaki Williams menunggu di belakang gawang. Namun Williams terpeleset dan Ruben Dias berhasil membuang bola.

Berkat hasil ini, Portugal meraih tiga poin berharga saat tim kuat lainnya, Uruguay gagal meraih hasil penuh melawan Korea Selatan. Dua tim ini akan bertemu pada Selasa (29/11) dini hari WIB.

Sedangkan Ghana yang berada di posisi juru kunci Grup H, akan menghadapi Korsel pada Senin (28/11) malam WIB.