MSPORTS – Premier League akan kembali pada akhir pekan ini menyusul berakhirnya jeda internasional lalu. Pada pekan ke-9 ini akan menghadirkan dua laga panas: derby London Utara dan derby Manchester.

Arsenal akan menjamu Tottenham Hotspur dalam laga panas antar tetangga di London Utara ini di Emirates Stadium, Sabtu (1/10) malam WIB.

Sementara itu keesokan harinya, Manchester United bertamu ke kandang Manchester City di Etihad Stadium.

Arsenal dan Tottenham Hotspur sama-sama menikmati awal musim yang bagus. Meski kalah kala melawan Manchester United, Arsenal masih bertengger di puncak klasemen sementara dengan 18 angka berkat enam kemenangan.

Sementara itu, Tottenham Hotspur masih tak terkalahkan musim ini. Skuad asuhan Antonio Conte ini telah meraih lima kemenangan serta satu hasil imbang dan kini berada di posisi ketiga dengan 17 angka.

Namun Tottenham tidak memiliki rekor bagus di kandang the Gunners. Ia hanya menang sekali dari 29 laga terakhir, yang didapat hampir 12 tahun lalu di Emirates Stadium dengan kemenangan 2-1 pada November 2010.

Arsenal vs Tottenham tentu akan menghadirkan laga dengan hujan gol. Laga ini merupakan laga dengan skor terbesar keempat di sejarah Premier League (171 gol), di bawah laga the Gunners kontra Liverpool (175) dan Everton (172), serta laga Liverpool v Spurs (172). Laga ini memiliki rata-rata 2,85 gol per laga dalam 60 pertandingan.

Terdapat empat laga di mana pertandingan ini berakhir dengan tujuh gol atau lebih, di antaranya adalah dua kemenangan Arsenal dengan skor 5-2, imbang 4-4 di Emirates, serta Robert Pires yang memberikan gol kemenangan di White Hart Lane pada 2004 lalu yang berakhir dengan skor 5-4.

Tottenham memang menjadi tim yang lebih unggul ketika berhasil berada di atas Arsenal dalam enam musim terakhir, setelah sebelumnya menjadi bayang-bayang the Gunners selama 21 tahun.

Harry Kane dkk sendiri saat ini sedang menikmati rekor tak terkalahkan dalam 13 laga terakhir, dengan terakhir menderita kekalahan pada April lalu.

Dengan Son Heung Min berhasil mencetak hattrick saat menang 6-2 atas Leicester lalu, ditambah Kane yang sudah mencetak enam gol, lini pertahanan Arsenal akan mendapatkan ujian berat.

Arsenal sendiri akan bertumpu pada pemain barunya, Gabriel Jesus, di lini depan. Pemain asal Brazil yang didatangkan dari Manchester City ini telah mencetak empat gol.

Ia akan mendapatkan sodoran umpan-umpan dari Martin Odegaard, serta Bukayo Saka yang kini telah mencetak empat asis.

Kemenangan Arsenal akan memastikan mereka kembali ke puncak klasemen. Jika gagal meraih tiga angka, Manchester City yang diunggulkan melawan Manchester United akan menyalip ke posisi teratas.

City dua kali terjegal pada musim ini ketika ditahan imbang Newcastle United dan Aston Villa. Namun selain itu mereka berhasil mendominasi, apalagi setelah kedatangan Erling Haaland.

Berada di peringkat dua dengan 17 angka, City unggul lima angka dari tentangganya ini yang berada di peringkat lima.

Penyerang asal Norwegia ini telah mengemas 11 gol dalam tujuh laga pertama dan digadang-gadangkan akan memecahkan rekor gol di Premier League dalam satu musim.

Setan Merah sendiri sedang menikmati empat kemenangan beruntun musim ini setelah kalah di dua laga perdana.

Meski City menjadi tim yang dominan dalam beberapa musim terakhir, United yang kini dilatih Erik ten Hag mampu mencuri kemenangan lima kali dalam 10 laga terakhir.

Dengan Antony, Marcus Rashford, serta Jadon Sancho di lini depan, United tentu ingin mencuri tiga angka untuk meneruskan tren bagusnya di Premier League musim ini.