MSPORTS – Pemegang rekor titel Grand Slam tunggal putra, Rafael Nadal, tidak sabar untuk mempertahankan gelarnya di Australian Open yang akan digelar pada Januari mendatang.

Nadal mengakhiri musim ini dengan kekecewaan saat tersingkir di ATP Finals 2022 yang digelar di Turin, Italia. Namun ia berhasil menang di partai terakhir babak grup atas Casper Ruud dengan skor 7-5 7-5.

Pemain berusia 36 tahun ini sebelumnya kalah dua kali dari Taylor Fritz dan Felix Auger-Aliassime. Untungnya melawan Ruud, Nadal mampu menutup tahun dengan hal positif menuju awal musim 2023.

“Saya tidak mewakili semua orang, tapi bagi saya, jika saya berada dalam ritme kompetisi, memenangkan pertandingan, memiliki rasa percaya diri, biasanya saya tidak memiliki banyak masalah untuk menjadi kompetitif di semua jenis lapangan,” kata Nadal yang juga pemegang 22 titel Grand Slam ini.

“Australia akan menjadi tantangan, tentu saja, tapi ini awal musim. Lapangan keras, saya sering bermain bagus di sana, bahkan saat saya hanya menang dua kali.”

Usai ATP Finals, Nadal berencana untuk kembali ke Spanyol dan akan bermain partai eksibisi di Amerika Selatan.

Nadal yang tidak banyak bermain sejak US Open lalu, akan tiba di Australia lebih awal untuk mempersiapkan perburuan gelar Australian Open ketiganya.

“Tidak sabar untuk berada di sana. Jika tidak ada masalah, saya akan tiba di sana lebih awal. Itu yang saya perlukan,” lanjut Nadal.

“Bahkan jika ini upaya dari saya dan pengorbanan untuk pergi dari rumah lebih awal, saya pikir saya perlu melakukan apa yang perlu dilakukan dalam lima bulan terakhir.”

“Bukan hanya untuk persiapan Australia, tapi juga persiapan untuk sepanjang musim.”