MSPORTS – Ferrari mengalami bencana ketika dua pembalapnya, Charles Leclerc dan Carlos Sainz, DNF di GP Azerbaijan Minggu (12/6) malam lalu. Namun Red Bull yakin tim Kuda Jingkrak ini akan kembali ke jalur kemenangan.

“Saya pikir mereka memiliki mobil yang sangat cepat, apalagi saat hari Sabtu (kualifikasi),” kata bos tim Red Bull, Christian Horner.

“Saya pikir pada hari Minggu, kita setara dengan mereka di semua balapan tahun ini. Saya pikir hal itu juga terjadi lagi (di Baku) dari apa yang kita lihat di awal lap.

“Mereka akan menangani masalah mereka. Saya tidak ragu akan hal itu. Tapi pada akhirnya, saya menduga mereka akan mendapatkan penalti di akhir tahun.

“Tentu saja perjalanan di kejuaraan masih lama. Kami telah melihat banyak perubahan poin dalam empat atau lima balapan terakhir, dan ini menunjukkan bagaimana cepatnya situasi berbalik.”

Bukan hanya di Baku, Ferrari mengalami kesialan di tiga balapan terakhir di Spanyol dan Monako.

Permasalahan mesin yang serupa terjadi di GP Spanyol lalu dan di Monako, kesalahan strategi terjadi yang menyebabkan Leclerc gagal mempertahankan posisinya.

Hal ini membuat Red Bull serta dua pembalapnya, Max Verstappen dan Sergio Perez, melaju di klasemen pembalap dan konstruktor.

Red Bull kini unggul 80 poin dari Ferrari. Sedangkan Verstappen dan Perez berada di posisi dua teratas klasemen pembalap.

Horner percaya walaupun Leclerc mampu balapan hingga akhir, mereka mampu mengalahkannya.

“Saya pikir kami memiliki mobil yang bagus,” tambahnya.

“Saya pikir kami akan mengalahkan Charles dengan strategi yang kami miliki. Tapi kami tidak akan tahu.

“Tapi hal yang penting adalah ketidakberuntungan mereka kami manfaatkan dan kami mendapatkan banyak poin, karena sudah jelas kejuaraan terlihat sehat saat ini. Tapi kita bisa lihat hal ini bisa berubah dengan cepat.”