MSPORTS – Pelatih tim nasional Belgia, Roberto Martinez, memanggil dua pemain bintangnya, Romelu Lukaku dan Eden Hazard, ke dalam skuad yang akan dibawa ke Qatar untuk berlaga di Piala Dunia pada November mendatang.

Dua pemain tersebut memiliki waktu yang bermain pada musim ini, meski dengan dua alasan yang berbeda. Namun Martinez bersikukuh membawa pemain andalannya tersebut.

Lukaku telah menderita cedera hamstring sejak awal musim yang membuatnya hanya mampu bermain di empat laga Serie A musim ini bersama Inter.

“Dia (Lukaku) belum sepenuhnya pulih secara medis, itu je;asa, tapi tiga hari terakhir telah positif. Kami akan memberikan Romelu setiap detiknya untuk pulih,” kata Martinez, dikutip dari Reuters.

“Pada situasi ini, kami merasa dia bisa mengambil bagian setidaknya pada satu laga di antara tiga laga (babak grup). Tapi kami akan tetap memeriksanya sampai 22 November untuk membuat keputusan.”

Sedangkan Hazard, memiliki waktu bermain yang minim karena bukan menjadi pemain favorit Carlo Ancelotti di Real Madrid dan belum bermain di La Liga sejak September lalu.

“Saya mencari Eden sebagai kapten skuad dan menunjukkan pemain luar biasa yang kami miliki. Dia menikmati sepak bolanya, saya bisa melihat itu, satu-satunya kekhawatiran adalah kebugarannya,” tambah Martinez.

Selain dua nama besar tadi, bintang-bintang Belgia lainnya yang memastikan tempat di Piala Dunia adalah Kevin De Bruyne dan Thibaut Courtois. Serta Dries Mertens, Youri Tielemans, dan Axel Witsel juga termasuk dalam daftar ini.

Dua bek veteran Toby Alderweireld dan Jan Vertonghen, juga masih menjadi kepercayaan Martinez. Alderweireld menyatakan Piala Dunia kali ini akan menjadi turnamen terakhirnya.

Pemain-pemain muda juga mendapatkan kepercayaan Martinez. Seperti Lois Openda, Zeno Debast, dan Jeremy Doku.

Di sisi lain, tidak ada tempat untuk penyerang AC Milan, Divock Origi, yang kesulitan mendapatkan waktu bermain musim ini pasca pindah dari Liverpool. Namun rekan setimnya, Charles De Ketelaere termasuk dalam daftar ini. Sementara Alexis Saelemaekers termasuk dalam daftar tunggu.

Daftar tunggu ini bisa didaftarkan paling lambat 24 jam sebelum partai perdana. Terdapat empat nama dalam daftar tunggu ini, yaitu Saelemaekers, Bryan Heynen, Dodi Lukebakio, dan Jason Denayer.

Berikut daftar skuad tim nasional Belgia untuk Piala Dunia Qatar 2022:

Kiper: Koen Casteels (Wolfsburg), Thibaut Courtois (Real Madrid), Simon Mignolet (Club Brugge)

Pemain Belakang: Toby Alderweireld (Royal Antwerp), Zeno Debast (Anderlecht), Wout Faes (Leicester City), Arthur Theate (Stade Rennais), Jan Vertonghen (Anderlecht), Yannick Carrasco (Atletico Madrid), Timothy Castagne (Leicester City), Thomas Meunier (Borussia Dortmund)

Pemain Tengah: Thorgan Hazard (Borussia Dortmund), Kevin De Bruyne (Manchester City), Leander Dendoncker (Aston Villa), Amadou Onana (Everton), Youri Tielemans (Leicester City), Hans Vanaken (Club Brugge), Axel Witsel (Atletico Madrid), Charles De Ketelaere (AC Milan)

Pemain Depan: Jeremy Doku (Stade Rennais) Eden Hazard (Real Madrid), Dries Mertens (Galatasaray), Leandro Trossard (Brighton & Hove Albion), Michy Batshuayi (Fenerbahce), Lois Openda (RC Lens), Romelu Lukaku (Inter Milan)