MGOALINDO - Pertandingan semi final SEA Games bulu tangkis perorangan dimainkan pada Sabtu (21/5) di Bac Giang Gymnasium, Vietnam. Dari tujuh perwakilan Indonesia, hanya tiga yang lolos ke final. 

Putri Kusuma Wardani di sektor tunggal putri harus kalah dari Pornpawee Chochuwong dua gim langsung. Chochuwong yang merupakan unggulan pertama, menang 16-21 9-21. 

Perwakilan tunggal putri Indonesia lain juga takluk dari pemain Thailand. Kali ini Gregoria Mariska Tunjung mengakui keunggulan Phittayaporn Chailwan 18-21 15-21. 

Namun di sektor ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti berhasil menang atas pasangan Singapura, Insyirah Khan/Zhi Rui Bernice Lim 21-10 21-7. 

Lalu dua pasangan ganda Indonesia berhasil menang dan membuat all Indonesian final

Pertama, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan berhasil menang atas Hee Yong Kai Terry/Loh Kean Hean. Walaupun pasangan Indonesia tertinggal lebih dulu, mereka berhasil melenggang ke final dengan skor 15-21 21-17 21-19. 

Pasangan ganda putra lainnya ialah Rolly Carnando/Daniel Marthin melawan pasangan ganda Vietnam, Tuan Duc Do/Hong Nam Pham. Leo/Daniel menang 22-20 21-16 dua gim langsung. 

Dua pasangan ganda campuran Indonesia gagal melaju ke final dan membuat all Indonesian final

Unggulan pertama Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, takluk dari unggulan keempat asal Malaysia, Chen Tang Jie/Peck Yen Wei melalui rubber gim 22-20 13-21 18-21. 

Pasangan ganda campuran lain yang kalah ialah Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso. Mereka juga kalah dalam tiga gim 21-18 16-21 17-21 atas pasangan Malaysia, Hoo Pang Ron/Cheah Yee See. 

Laga final akan diadakan Minggu (22/5) siang WIB. 

Pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti akan berhadapan dengan Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard dari Thailand. 

Sedangkan Indonesia sudah dipastikan menambah perolehan medali emas di sektor ganda putra yang akan dimainkan dua perwakilan Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.