MSPORTS – Sebastian Vettel telah pensiun dari Formula 1 pada akhir musim 2022 ini. Ia mempertimbangkan banyak hal yang dilakukan pasca pensiun, termasuk balapan rally.

Vettel mengawali kariernya bersama BMW Sauber, sebelum pindah ke Toro Rosso dan menjadi juara Grand Prix untuk pertama kalinya di Monza.

Ia kemudian naik kelas ke tim Red Bull dan meraih juara dunia empat kali secara beruntun dari 2010 hingga 2013.

Setelah hijrah ke Ferrari dan gagal menambah gelar juaranya, ia mengakhiri karier gemilangnya bersama Aston Martin.

“Saya pikir tentu saja Anda melihat hal lain. Saya tidak tahu, itu jawabannya,” kata Vettel soal pilihannya pasca pensiun, dikutip dari situs resmi F1.

“Saya pikir saya cukup menantikan tidak melakukan apa-apa, awalnya, kemudian melihat apa yang terjadi.”

“Maksud saya, banyak hal lain di kepala saya. Ketertarikan lain dan pikiran di luar balapan.”

“Sudah jelas saya sudah melakukan ini sejak lama dan ini pusat dari hidup saya. Jadi, akan sulit untuk mengatakan saya tidak akan merindukannya, tapi seberapa banyak dan apakah kemudian saya melihat hal lain, kita akan lihat.”

Dengan rally Monte Carlo yang akan digelar pekan ini, Vettel mengungkapkan kesukaannya terhadap balapan ini. Namun ia masih belum memastikan apakan akan menjajal balapan rally seperti mantan rekan setimnya, Kimi Räikkönen.

“Saya tidak tahu kenapa, saya selalu suka rally,” tambah Vettel.

“Tapi saya tahu ini tantangan besar, karena ini jauh berbeda dari yang kami lakukan, katakanlah, balapan di sirkuit klasik. Jadi saya tidak tahu, kita lihat saja.”

Jika Vettel tidak kembali ke F1, ia menutup kariernya yang dimulai pada 2007 lalu yang sudah tampil dalam 300 balapan, juara Grand Prix 53 kali, 122 podium, dan empat kali juara dunia.

“Saya melihat pensiun ini sebagai kesempatan untuk belajar tentang diri Anda dan menempatkan diri Anda di posisi yang benar-benar belum saya temui sebelumnya dan saya nyaman, karena saya pikir, setelah bertahun-tahun, kami tahu bagaimana melakukan pekerjaan ini, saya tidak tidak ingin mengatakan tertidur, karena terdengar sombong, saya akan mengatakan dengan banyak rutinitas dan banyak pengalaman.”

“Banyak hal yang tidak mengagetkan saya lagi. Jadi saya menantikan untuk dikejutkan dan seperti yang saya bilang, belajar tentang diri saya, menghabiskan waktu lebih banyak bersama anak-anak saya dan keluarga, belajar bersama dengan mereka, yang akan menjadi tantangan berbeda untuk saya.”

“Tapi iya, banyak hal, dan memberikan lebih banyak ruang untuk mungkin hal-hal yang saya sebelumnya tidak sempat lakukan. Karena saya melakukan ini (F1). Jadi, kita akan lihat.”

“Bukannya saya memiliki kalender dan akan bilang pada Maret ini akan terjadi, dan April atau Mei akan terjadi. Saya pikir saya menantikan untuk tidak memiliki kalender kemudian di suatu saat saya perlu melakukan hal yang menyibukkan saya karena saya seorang yang suka sibuk.”