MSPORTS – Mantan pemain NBA, Slava Medvedenko, memutuskan untuk melelang dua cincin juara yang ia raih untuk membantu negaranya, Ukraina, dalam kondisi perang dengan Rusia.

Cincin juara ini sendiri berhasil didapatkan mantan pemain berposisi forwad ini bersama Los Angeles Lakers pada 2001 dan 2002.

Dua item ini akan mulai dilelang hingga 5 Agustus 2022 di SCP Auctions, Amerika Serikat, dan diestimasikan akan meraih dana sekitar 100 ribu dolar Amerika Serikat.

Slava yang kini berusia 41 tahun mengaku nantinya dana akan digunakan untuk memperbaiki bangunan seperti sekolah dan gim.

“Kami ingin memperbaiki gimnasium karena tantara rusia mengebom lebih dari 100 sekolah. Negara kami, mereka membutuhkan banyak dana untuk memperbaiki sekolah,” ungkapnya kepada The Associated Press.

“Gimnasium olahraga akan menjadi yang terakhir dalam daftar untuk diperbaiki. Di Ukraina, kami memiliki musim salju dan anak-anak harus bermain di dalam ruangan,” ujarnya.

“Di momen ini saya memutuskan, ‘Mengapa saya membutuhkan cincin ini jika hanya berada di brankas? Saya menyadari saya bisa mati,” kata Slava.

“Setelahnya, saya hanya mengatakan saya harus menjualnya untuk menunjukkan kepemimpinan kepada orang-orang, untuk membantu orang-orang Ukraina untuk hidup lebih baik, untuk membantu anak-anak,” tegas Slava.

Slava bergabung dengan Lakers pada tahun 2000 dan bertahan hingga 2006. Ia kemudian bergabung dengan Atlanta Hawks dan pensiun pada 2007.