MSPORTS – Golden State Warriors menjadi jawara NBA 2022 untuk keempat kalinya dalam delapan tahun terakhir usai mengalahkan Boston Celtics 103-90 pada Jumat (17/6) pagi WIB.

Celtics langsung panas di awal pertandingan ketika Jaylen Brown dan Jayson Tatum mencetak tripoin dan unggul 12 poin. Namun tripoin dari Draymond Green, Stephen Curry, dan Jordan Poole di akhir kuarter pertama membuat Warriors unggul 27-22.

Warriors berhasil memanfaat momentum mereka menuju kuarter selanjutnya dan melaju jauh hingga sempat membuat jarak 22 poin.

Celtics sempat mengecilkan ketertinggalan namun pertahanan solid Warriors dan kepiawaian mereka memanfaatkan 22 turnover Celtics menjadi 20 angka.

Curry yang tampil kurang meyakinkan di laga sebelumnya dan gagal mencetak satu tripoin, menjadi MVP di laga final ini dengan raihan 34 poin, 7 rebound, 7 asis, serta enam kali tripoin.

Pemain terbaik di pertandingan sebelumnya, Andrew Wiggins, juga menunjukkan performa konsisten dengan mencetak 18 angka, 6 rebound, dan 5 asis.

Di sisi lain, walaupun ​​Brown mencetak 34 angka dan 7 asis, gagal membawa Celtics juara musim ini. Al Horford dan Tatum juga tampil dominan di laga ini dengan raihan 19 dan 13 angka.

Gelar ini merupakan yang keempat untuk Curry, Klay Thompson, Green, dan Andre Iguodala. Tiga gelar pertama diraih pada 2015, 2017, dan 2018 ketika Warriors mencapai lima final beruntun.

Mereka mencapai lima final beruntun pada 2015 hingga 2019. Meski sempat menurun dan gagal mencapai final pada 2020 dan 2021, mereka kembali juara dan menasbihkan diri mereka sebagai tim dominan di NBA.

“Kami telah menemukan cara untuk memenangkannya,” kata Curry merayakan kemenangannya, dikutip dari NBA.com. Ia sampai meneteskan air mata dan tak sanggup berkata-kata.

“Ini sudah menjadi bagian dari asal usul kami, pengalaman kami. Kami telah membangun ini dalam 10 hingga 11 tahun. Ini sangat berarti ketika Anda berada di fase ini.”

“Mereka semua unik, mereka semua spesial,” kata pelatih Steve Kerr.

“Kali ini mungkin yang paling tidak mungkin. Perlu usaha dari tim untuk memenangkannya dan kami memiliki tim yang hebat.”