MSPORTS – George Russell berhasil mendapatkan podium ketiga usai mampu memanfaatkan situasi di mana dua pembalap Ferrari gagal finis di GP Azerbaijan, Minggu (12/6) malam. Pembalap asal Inggris ini tak menyangka dengan kecepatan mobilnya di Baku.

Bukan rahasia lagi Mercedes mengalami kesulitan dengan masalah porpoising di mana mobil berguncang keras akibat penggunaan ground effect baru yang diterapkan musim ini.

Semua tim mengalami porpoising namun Mercedes terlihat mengalami efek porpoising lebih parah dari yang lain.

Hal ini membuat Lewis Hamilton kesulitan tampil maksimal musim ini bahkan hingga mengeluh pinggangnya sakit akibat guncangan tersebut.

Namun Russell masih mampu tampil apik dan konsisten. Ia juga menjadi satu-satunya pembalap yang finis di posisi lima besar di semua balapan musim ini.

“Ini selalu berkat usaha tim,” kata Russell. “Kami harus berada di sana pada akhirnya. Kami akan senang jika lebih mampu berduel. Kami mungkin tidak terlalu jauh dari yang kami duga sejujurnya.

“Kami sedikit lebih cepat dari yang kami antisipasi, terutama dibanding dengan tim lain di posisi tengah, jadi itu hal bagusnya tapi sudah pasti ada pekerjaan yang dilakukan.

“Anda harus mengambil sisi positif di setiap situasi.

“Kami selalu di lima besar setiap balapan dengan mobil yang mungkin tidak selalu pantas, jadi sebagai tim, kami telah memaksimalkannya.

“Saya pikir tidak ada balapan yang mungkin kami bisa mendapatkan yang lebih baik. Ini brilian. Kami terus mendapatkan poin, tapi pada akhirnya, kami memerlukan performa yang lebih bagus lagi.”