MSPORTS – Andrea Ranocchia memutuskan untuk gantung sepatu pada Jumat (23/9) dini hari WIB, usai sepakat untuk memutuskan kontraknya bersama Monza. Pemain berusia 34 tahun ini mengatakan kehilangan gairah akan sepak bola.

Mantan pemain Inter tersebut bergabung dengan Monza pada Juli lalu secara gratis. Namun ia menderita cedera pergelangan kaki dan retak tulang fibula pada Agustus lalu saat dikalahkan Napoli 4-0.

Klub yang dimiliki Silvio Berlusconi ini kemudian mengonfirmasi telah memutuskan kontrak Ranocchia atas keputusan bersama.

“Saya sangat berterima kasih kepada Monza yang memberikan kesempatan ini,  (Adriano) Galliani, (Filippo) Antonelli, dan presiden (Silvio) Berlusconi. Mereka memberikan kepercayaan, menawarkan kontrak hebat dan kesempatan untuk memahami apa yang terjadi dengan saya,” kata Ranocchia, dikutip dari Football Italia.

“Sayangnya, di awal tahun ini, perasaan saya tidak baik dan ke depannya seperti ada yang mati. Awalnya, saya tidak ingin menerimanya karena sepak bola merupakan gairah saya selama 30 tahun, tapi saya tidak lagi menemukannya.”

“Saya selalu mencoba mengeluarkan gairah saya setiap latihan, tapi saya tidak merasakannya lagi di dalam diri saya. Kemudian saya menderita cedera parah ini yang dapat membuat saya menepi selama berbulan-bulan.”

“Jika Anda tidak memiliki gairah dan determinasi untuk kembali, meski klub telah mempercayai saya, saya tidak ingin membodohi siapa pun. Terutama diri saya," lanjut Ranocchia.

“Itu lah diri saya. Saya berbicara kepada Galliani dan memberi tahunya soal keputusan saya. Saya tidak ingin melanjutkannya karena saya akan yang membayar konsekuensinya.”

“Seseorang harus termotivasi dan bugar untuk bermain di level tertinggi dan saya tidak bisa melakukannya lagi. Saya tidak bisa memberi apa pun lagi saat ini.”

“Galliani pria yang baik, dia paham kondisi saya, dan kami berpisah sebagai teman dengan rasa hormat.”

“Ini saja, ini momen saya. Sekarang saya meluangkan waktu dengan emosi ini. Saya berpikir saya tidak akan bermain sepak bola lagi, ini bukan yang saya inginkan saat ini. Saya akan meluangkan waktu saya untuk menikmati hal lain dan memutuskannya.”

Ranocchia merupakan pembelian pertama Monza yang baru promosi untuk pertama kalinya di Serie A musim ini. Ia hanya bermain sekali di Serie A dan Coppa Italia.

Klub yang dijuluki Brianzoli ini juga memecat Giovanni Stroppa yang digantikan oleh Raffaele Palladino setelah hanya meraih satu angka dari enam laga.

Mereka meraih kemenangan perdananya di Serie A ketika menang 1-0 atas Juventus di U-Power Stadium.