MSPORTS – Petenis asal Spanyol, Carlos Alcaraz mengakhiri kiprah jagoan tuan rumah Frances Tiafoe semifinal US Open 2022 dengan kemenangan yang diraih dalam lima set  6-7(6) 6-3 6-1 6-7(5) 6-3, pada Sabtu (10/9) pagi WIB.

Meski bermain hingga pukul 3 dini hari waktu setempat di partai perempat final, petenis berusia 19 tahun ini kembali menang di partai yang berlangsung selama empat jam 19 menit dan akan menjalankan partai final perdana di Grand Slam berhadapan dengan petenis Norwegia, Casper Ruud.

“Kami berada di semifinal Grand Slam dan kami harus memberikan segalanya yang kami miliki, kami harus bertarung hingga bola terakhir,” kata Alcaraz usai pertandingan.

“Tidak masalah jika kami bertarung hingga lima jam, enam jam. Anda harus memberikan segalanya di lapangan. Frances memberikan segalanya di lapangan. Ini luar biasa.”

Jika mengalahkan Ruud, Alcaraz akan menjadi petenis termuda yang menempati rangking nomor satu dunia, mengalahkan rekor yang diraih Lleyton Hewitt, yang mencapai rangking satu dunia di umur 20 tahun pada 2001 lalu.

Kemenangan ini juga mengakhiri kiprah luar biasa Tiafoe di turnamen ini. Di mana ia berhasil mengalahkan Andrey Rublev, Diego Schwartzman, dan pemegang rekor Grand Slam terbanyak di tunggal putra Rafael Nadal.

Tidak ada petenis pria asal Amerika Serikat lain yang memenangkan Grand Slam sejak Andy Roddick juara di US Open 2003 lalu.

“Ini sangat menyakitkan,” kata Tiafoe.

“Carlos terlalu bagus. Anda akan banyak memenangkan Grand Slam, Anda pemain yang hebat, orang yang hebat. Saya senang bisa membagi lapangan di panggung yang besar bersama Anda.”

“Saya akan kembali dan saya akan memenangkan ini suatu hari.”