MSPORTS – Juara dunia Formula 1 empat kali, Sebastian Vettel, mengejutkan paddock GP Hungaria dengan kabar dirinya yang akan pensiun pada akhir musim. Pembalap Aston Martin ini mengungkapkan alasannya pensiun dari glamor dan megahnya kejuaraan jet darat ini.

Hal tersebut diungkapkannya dalam video yang diunggahnya pada akun Instagram pribadi yang baru dibuatnya.

“Selain balapan, saya telah membangun keluarga dan saya senang berada di sekitar mereka,” kata Vettel. “Saya telah menumbuhkan ketertarikan lain di luar F1.

“Ketertarikan saya pada balapan dan F1 mengakibatkan banyak waktu berpisah dari mereka, dan itu mengambil banyak tenaga.

“Berkomitmen dengan hal itu seperti yang saya lakukan, dan dengan cara yang saya pikir tepat, tidak lagi beriringan dengan keinginan saya menjadi ayah dan suami yang hebat.

“Energi yang dibutuhkan untuk menjadi satu dengan mobil dan tim untuk meraih kesempurnaan mengambil fokus dan komitmen saya.

“Tujuan saya berubah dari memenangkan balapan dan berjuang untuk kejuaraan menjadi melihat anak-anak saya tumbuh, meneruskan nila-nilai saya, membantu mereka ketika jatuh, mendengar mereka ketika mereka membutuhkan saya, tidak harus mengucapkan selamat tinggal dan yang paling penting bisa belajar dari mereka dan membiarkan mereka menginspirasi saya.

“Anak-anak adalah masa depan kami. Selanjutnya saya merasa ada banyak hal yang bisa dijelajahi dan dipelajari tentang hidup, dan tentang diri saya sendiri. Berbicara soal masa depan, saya merasa kita hidup di waktu yang sangat menentukan dan bagaimana kita membentuk tahun-tahun yang akan datang akan menentukan hidup kita.”

Pembalap berusia 35 tahun ini menikmati puncak kariernya saat menjadi juara dunia termuda pada 2010. Ia lalu meneruskan dan meraih juara empat kali beruntun hingga 2013.

Namun selama beberapa tahun terakhir, Vettel terlihat lebih aktif dengan isu-isu sosial dan lingkungan. Ia kemungkinan akan lebih aktif dalam aktivitas ini usai pensiun.

“Semangat saya datang dari aspek tertentu saya saya pelajari untuk tidak disukai. Itu mungkin bisa diatasi di masa depan tapi keinginan untuk menerapkan perubahan untuk harus tumbuh lebih besar, dan harus memimpin aksi kita hari ini,” tambah Vettel.

“Bicara saja tidak cukup, dan kita tidak bisa menunggu lagi. Tidak ada alternatif. Balapan sudah dimulai.

Vettel juga merasa ia siap untuk meninggalkan F1 di saat balapan jet darat ini telah memiliki generasi baru yang muda dan berbakat. Ia juga tidak akan melihat kembali ke belakang dan siap melangkah ke depan menghadapi tantangan baru yang akan datang.

“Balapan terbaik saya? Masih belum tiba. Saya percaya dengan melangkah ke depan dan bergerak ke depan. Waktu berjalan satu arah, dan saya ingin berjalan dengan waktu. Melihat ke belakang hanya akan memperlambat Anda.

“Saya menantikan balapan di lintasan yang tidak diketahui dan saya akan menemukan tantangan baru.

“Jejak saya tinggalkan di lintasan akan bertahan hingga waktu, dan hujan akan menghapusnya. Jejak yang baru akan datang. Hari esok milik mereka yang membentuk hari ini.

“Di tikungan selanjutnya ada di tangan yang bagus sementara generasi baru telah masuk.

“Saya percaya masih ada balapan yang masih bisa dimenangkan. Selamat tinggal, dan terima kasih mengizinkan saya membagi lintasan dengan Anda. saya mencintainya semuanya.