MSPORTS – Williams telah mengonfirmasi merekrut Logan Sargeant pada Senin (21/11), untuk menggantikan Nicholas Latifi pada musim 2023 mendatang. Pembalap berusia 21 tahun ini akan menjadi pembalap Amerika Serikat pertama di F1 sejak Alexander Rossi pada 2015 lalu

Sargeant memenuhi persyaratan untuk tampil di Formula 1 bersama tim asal Grove, Inggris, usai mengamankan poin yang cukup untuk Super Licence yang ia raih di F2 musim ini.

Ia mengakhiri Feature Race GP Abu Dhabi di P5 pada Minggu (20/11), yang membuatnya cukup untuk menempati P4 di klasemen pembalap musim ini, sekaligus menjadikannya pembalap debutan terbaik di F2.

Setelah memiliki 29 poin Super Licence, 30 poin yang didapatkan dengan berada di P4 kejuaraan, ditambah dua poin dengan tidak adanya poin penalti selama musim F2 2022, dan satu poin usai menjalani Free Practice dengan Williams, Sargeant telah melewati batas 40 poin Super Licence untuk balapan di F1.

Dengan begitu, pembalap berusia 21 tahun ini telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh prinsipal tim Williams, Jost Capito, untuk mendapatkan kursi kosong yang ditinggalkan Nicholas Latifi dan menjadi rekan setim Alex Albon pada musim depan.

“Kami senang untuk resmi mengumumkan Logan sebagai pembalap kami tahun depan setelah memenuhi syarat poin Super Licence menyusul balapan pamungkas F2 di Abu Dhabi,” kata Capito, dikutip dari situs resmi F1.

“Logan melengkapi susunan pembalap menarik kami untuk 2023 bersama Alex.”

“Sejak bergabung dengan akademi pembalap pada akhir 2021, Logan telah mampu berintegrasi dengan tim di Grove selagi berlatih di simulator dan belakangan ini di trek dengan empat sesi latihan yang ia ikuti.”

“Dia memiliki musim debut yang hebat di Formula 2. dan kami tidak sabar untuk melihatnya naik kelas ke Formula 1. Kami di sini untuk mendukung perjalanan itu bersamanya.”

Sementara itu Sargeant mengucapkan terima kasih kepada Williams yang memberikannya kesempatan untuk balapan di kompetisi jet darat terbesar ini.

“Ini sebuah kehormatan besar dan mimpi yang menjadi nyata untuk diberikan kesempatan untuk berkompetisi di Formula 1 bersama Williams Racing,” ucap Sargeant.

“Terima kasih banyak untuk semua orang di Williams Racing dan Dorilton Motor Sports atas dukungan yang mereka telah berikan kepada saya sejak saya bergabung pada GP Amerika Serikat 2021.”

“Menjadi bagian dari Akademi Pembalap Williams selama satu tahun terakhir telah memberikan saya platform untuk berkembang sebagai pembalap dan mempersiapkan saya untuk babak selanjutnya.”

“Saya siap dan tidak sabar untuk menjadi bagian dari perjalanan ini bersama tim yang sedang meningkat.”