MSPORTS – Williams telah mengumumkan salah satu pembalapnya, Alex Albon, telah setuju untuk memperpanjang kontrak multi tahun dan dipastikan akan balapan dengan tim asal Inggris tersebut musim depan.

Albon bergabung dengan Williams pada musim ini menggantikan George Russell yang pindah ke Mercedes setelah pembalap Thailand tersebut dilepas oleh Red Bull yang dibelanya sebagai reserve driver.

Ia merupakan satu-satunya pembalap WIlliams musim ini yang menghasilkan poin dengan raihan posisi 10 di Australia dan sembilan di Miami.

“Saya sangat senang bertahan di Williams Racing hingga 2023 dan menantikan apa yang kami bisa raih sebagai tim di sisa musim ini dan tahun depan,” kata Albon, dikutip dari situs resmi F1.

“Tim ini telah membuat peningkatan besar tahun ini dan sangat senang untuk melanjutkan perjalanan ini dan mengembangkan lebih jauh pembelajaran kami bersama.”

Albon kembali balapan di Formula 1 pada musim ini setelah absen setahun ketika turun kasta menjadi reserve driver Red Bull tahun lalu.

Pembalap berusia 26 tahun ini hanya bertahan satu setengah tahun di Red Bull setelah ditarik dari Toro Rosso (sekarang AlphaTauri) pada pertengahan musim 2019.

Salah satu penampilan terbaik Albon tahun ini adalah saat di Australia di mana ia hanya menggunakan satu set ban selama balapan hingga dua lap sebelum balapan berakhir dan berhasil meraih posisi 10.

“Alex adalah pembalap yang hebat dan anggota yang penting di Williams Racing, jadi kami sangat senang bisa mengonfirmasi kami akan bekerja sama dalam jangka panjang,” kata principal tim Williams, Jost Capito.

“Alex menghadirkan perpaduan antara kemampuan dan wawasan yang akan membantu membawa kesuksesan tim di masa depan.”

“Dia kompetitor yang kuat, telah membuktikannya sebagai seorang yang populer dan anggota tim yang loyal dan kami senang dia akan memberikan stabilitas untuk kami melanjutkan mengembangkan era baru F1.”

Masih belum dipastikan siapa yang akan menemani Albon di tim Williams musim depan karena kontrak rekan setimnya saat ini, Nicholas Latifi, akan berakhir pada akhir musim ini.

Pengumuman ini tak lama dikeluarkan setelah drama terjadi antara Alpine yang mengumumkan Oscar Piastri akan menjadi pembalap utama musim depan hanya untuk dibantah pembalap asal Australia tersebut beberapa jam kemudian.